Masih Bingung Pilih Toko Online atau Marketplace?

Keduanya sama-sama tempat untuk menjual produk secara online, untuk yang masih merasa bingung karena perbedaan yang dimiliki keduanya, atau bahkan menganggap bahwa kedua platform tersebut sama.

Marketplace secara singkat adalah sebuah platform dimana sebuah aplikasi atau website yang dikelola oleh perusahaan marketplace itu sendiri, seperti gedung mall saja isinya banyak sekali dan macam-macam toko. Tentu toko yang ada di dalam bukan milik dari mall tersebut, mall dalam online itu seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak.

Sedangkan Toko Online berbeda dengan Marketplace, dimana perbedaan disini pemilik Toko Online akan mengatur keseluruhan yang ada didalamnya. Karena Toko Online adalah sebuah website yang dikelola oleh perorangan atau juga bentuk perusahaan, namun produk yang dijual milik sendiri, seperti kita jualan didepan rumah buka toko misalnya.

Dari penjelasan diatas saya yakin pembaca sudah bisa membedakan keduanya, kemudian selanjutnya yang akan dijelaskan pada artikel ini adalah kelebihan dan juga kekurangan dari kedua platform tersebut.

Masih Bingung Pilih Toko Online atau Marketplace


Kelebihan dan Kekurangan Marketplace dengan Toko Online

Kelebihan Toko Online

1. Semua dikendalikan sendiri


Berjualan dengan membuka toko online tentunya anda sendiri yang mempunyai aturan, tidak seperti marketplace disana kita harus mengikuti peraturan yang ada. Mengatur kebijakan toko yang dibuat anda sendiri, tidak hanya itu toko online sendiri juga memudahkan kita mengendalikan semua bentuk transaksi hingga pengiriman.

Tidak hanya itu, kelebihan dari toko online anda bisa dengan mudah mengatur tampilan website toko online semenarik mungkin terserah anda yang menjadi pemilik toko termasuk tempatnya.

2. Analisa hingga data pelanggan


Dengan toko online anda memiliki data pelanggan yang banyak, dan bisa dijadikan sebuah analisa. Hasil analisa yang bisa anda lakukan dengan data pelanggan maka dengan mudah untuk menyusun strategi yang lebih baik lagi untuk pemasaran produk anda.

3. Meningkatkan Kepercayaan Terhadap Brand Toko Online


Toko online lebih mudah untuk anda optimasi dengan berbagai strategi SEO yang menjadikan orang-orang akan lebih mudah mengenal anda melalui website toko online resmi anda.

Dengan website toko online sendiri anda juga bisa membuat blog yang dapat memaksimalkan brand toko online dengan postingan marketing yang berkualitas dengan membangun sebuah blog didalam website toko online yang anda kelola agar lebih optimal lagi di dunia online.

Kekurangan Toko Online

Dari sederetan kelebihan tentunya ada beberapa kekurangan yang harus kita ketahui jika anda berjualan online menggunakan website toko sendiri.

1. Biaya cukup besar


Tidak seperti marketplace anda tinggal berjualan saja, dengan membangun toko online sendiri tentunya ada biaya yang harus anda keluarka seperti keperluan membeli domain dan hosting.

Hosting yang digunakan untuk toko online juga harus memiliki performa serta kapasitas yang baik, seperti kapasitas yang besar untuk menyimpan berbagai file gambar produk kita. Sedangkan performa server yang bagus agar toko online anda tidak berat untuk diakses.

Biaya tersebut belum termasuk design website toko online jika anda tidak bisa membuatnya sendiri tentu akan menggunakan jasa orang untuk membuatnya.

2. Harus membuat strategi pemasaran sendiri


Toko online membutuhkan strategi pemasaran yang harus anda lakukan sendiri, pemasaran ini memiliki tujuan agar produk-produk yang ada di toko online kita dapat dengan mudah dikenal oleh orang banyak.

Setidaknya kita harus bisa teknik SEO agar lebih mudah dicari oleh mesin pencarian Google. Selain itu kita juga harus melakukan optimasi dengan beriklan di Facebook Ads dan Google Ads.

Jika tidak mau repot dengan ini itu anda bisa menyewa jasa periklanan yang dapat membantu anda lebih mudah untuk mengaturnya, tentu dengan biaya yang bisa dibilang lumayan besar.

Kelebihan Marketplace

Dengan marketplace anda jauh lebih mudah mengelola sebuah toko online anda.

1. Modal Kecil


berbeda dengan Toko Online yang mewajibkan anda menyewa domain serta server hosting pertahun. Dengan berjualan di Marketplace kita cukup membuat akun dan upload barang-barang yang akan kita jual.

Biasanya jualan di Marketplace ada biaya untuk menaikan status ke anggotaan saja untuk meningkatkan kepercayaan calon pelanggan anda. Tapi bilan kita memilih untuk tetap tidak upgrade keanggotaan misal jadi penjual reguler saja tenang ini tidak ada biaya sepeser pun.

2. Tidak perlu memikirkan sistem marketing


Berjualan di Marketplace kita tidak usah pusing lagi memikirkan strategi marketing seperti Toko Online biasa pada umumnya. Karena marketplace sendiri sudah memiliki program-program yang sudah dirancang oleh pemilik marketplace.

Dari situ kita hanya perlu fokus untuk melakukan penjualan dan pelayanan yang lebih baik agar tidak banyak pelanggan yang kecewa, fokus kita bisa lebih ke foto produk, mengisi deskripsi yang jelas juga serta menjaga respon terhadap calon pelanggan dan pelanggan.

3. Tingkat keamanan transaksi yang baik


Tingkat keamanan yang baik dalam segi transaksi serta tingkat kepercayaan pelanggan dan calon pelanggan yang terjamin, karena itu semua sudah di atur dengan baik oleh perusahaan marketplace itu sendiri.

4. Potensi pasar yang luas


Kenapa demikian, karena marketplace sudah memiliki anggaran khusus untuk mempromosikan marketplace itu sendiri memang tidak spesifikasi ke pada akun anda, namun didalam marketplace tersebut ada toko kita, tidak secara langsung dengan banyaknya yang mengunjungi marketplace tersebut maka potensi mendapatkan pelanggan lebih besar.

Kekurangan Jualan di Marketplace

Tetap namanya kekurangan mesti aja ada walau pun sederetan kemudahan yang ditawarkan oleh Marketplace banyak.

1. Terlalu banyak saingan


Saingan yang banyak kita akan temukan disana, karena dalam marketplace bisa saja ada ribuan toko yang menjual produk sama, itu yang menyebabkan persaingan yang tinggi akan kita hadapi.

Tentunya yang akan menang adalah toko yang menjual produk unik yang jarang ditemui, tapi apa? Hampir semua ada disana, ada juga yang menurunkan harganya akan tetapi cara menurunkan harga hanya akan memberikan dampak kurang baik untuk profit yang akan kita dapatkan.

2. Lemah dalam mengenalkan Brand Toko


Banyak dari pelanggan yang datang untuk berbelanja bukan karena brand anda yang dikenal, namun karena marketplacenya itu sendiri, mereka akan mencari produk seketemunya dan memilih mana diantara yang murah tapi baik pelayanannya.

Tidak seperti toko online sendiri yang bisa anda lakukan seperti memperkuat pengenalan produk terhadap pelanggan melalui blog toko online dan mengoptimasi SEO yang lebih mudah.

3. Tidak memiliki data pelanggan sepenuhnya


Banyak dari pembisnis online memerlukan data pelanggan untuk kebutuhan analisa perilaku pasar, namun dengan marketplace anda tidak mempunyai akses mengenai hal itu tidak seperti toko online biasa.

Dari keseluruhan pembahasan ini kita dapat sebuah gambaran mana yang lebih baik pilih toko online atau marketplace, kesimpulanya marketplace lebih cocok untuk kita yang pemula dalam segi bisnis jualan online, tapi jika bisnis sudah mulai besar maka anda cocok mempunyai toko online tersendiri sebagai brand.

Demikian semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Masih Bingung Pilih Toko Online atau Marketplace?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel